Wisatata Kuliner : Burger Sehat dan Halalkah

Burger

Burger pada awalnya termasuk makanan junk food yang ditawarkan restoran cepat saji asal luar negeri. Namun era sekarang burger mudah ditemukan di warung dan depot lokal di Indonesia. Nama burger betasal dari kata hamburger, sebuah nama kota hamburg di Jerman. Menurut sejarahnya burger hanyalah sepotong daging yang biasa di makan mentah dengan perasan jeruk oleh bangsa tar-tar. Inovasi makanan ini berubah sesuai daerah yang dilewati para pedagang makanan Eropa yang menyebarkan makanan ini.

Inovasi burger saat ini berupa campuran roti, daging, sayuran, keju dan saus. Menjadi pertanyaan baru apakah bahan tersebut sehat dan halal, mengingat beberapa bahan burger seperti roti memiliki kekritisan bahan untuk pembuatan roti.

Roti terbuat dari tepung terigu. Kebanyakan tepung terigu dibuat dengan menggunakan bahan tambahan untuk memperbaiki sifat tepung terigu. Bahan tambahan itu banyak yang terbuat dari rambut manusia atau bulu bebek. Jika bahan tambahan berasal dari rambut manusia maka otomatis tepung itu haram. Namun jika terbuat dari bulu bebek, apakah penyembelihan telah sesuai syariat.

Daging (patty) pada burger, dari daging hewan apakah itu? Jika dari hewan yang diharamkan jelas hukumnya. Namun jika dari daging sapi atau ayam. Apakah penyembelihannya telah sesuai syariat. Patty yang disisipkan pada burger jelas tidak murni daging, melainkan melalui proses tambahan seperti bumbu, minyak, kaldu dan mentega.

Keju menjadi tambahan burger sesuai selera kita. Meski keju berasal dari susu, namun proses penggumpalannya menggunakan bahan tambahan. Enzim penggumpalnya bisa berasal dari bahan yang tidak sesuai syariat. Misalnya dari babi. Maka sertifikasi halal sangat diperlukan.

Mayones dan saus penunjang burger biasanya tidak ada masalah, namun untuk meningkatkan citra rasa kadang ditambahkan dengan minyak. Dan minyak ini yang mesti diperhatikan kehalalannya.

Simak Juga  CARA AMPUH Hilangkan Bulu Ketiak GADIS

Tentang kandungan gizi dalam burger, burger mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral serta protein. Namun hal yang mesti diperhatikan adalah daging yang digunakan untuk burger digerai makanan cepat saji biasanya sudah dibekukan dan dimasak saat ada pesanan. Keju juga termasuk makanan yang diawetkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*