Wisata Kuliner: Aman dan Halal-kah Mie Instant?

mieDi zaman yang serba instant saat ini semua serba instant, termasuk dalam memilih makanan. Salahsatu makanan yang mudah dan cepat untuk dikonsumsi adalah mie instant. Produsen mie instantpun menjamur bak kacang goreng dengan menawarkan berbagai macam rasa, seperti rasa bakso, rasa ayam bawang, rasa soto dan lain-lain. Bahkan anak-anakpun sangat menyukai varian rasa mie instant yang ditawarkan. Seorang ibu juga merasa praktis saat memasak mie instant di waktu pagi hari saat putra putrinya hendak berangkat sekolah.

Seperti juga pada masalah kehalalan Sosis, hampir di seluruh bahan mie instant menjadi titik kritis keamanan dan kehalalan mulai tepung, minyak goreng, vitamin dan bumbu-bumbu. Salahsatu bahan yang kritis adala bumbu. Bumbu yang digunakan antara lain MSG dan vetsin. Titik kritisnya adalah pada media mikrobial, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin. Sedangkan bahan pelengkap mie instant adalah bahan-bahan penggurih yaitu HVP dan yeast extract. HVP atau hidrolized vegetable protein adalah jenis protein yang dihidrolisasi dengan asam klorida ataupun dengan enzim. Sumber enzim inilah yang kita pertanyakan apakah berasal dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme. Jika berasal dari hewan apakah dari hewan yang halal dan sesuai syariat dalam penyembelihannya.

gasa1Bahan penambah rasa atau flavor digunakan untuk memberi rasa mie instant seperti rasa ayam, soto bakso dan sebagainya. Titik kritis flavor mie instant adalah bahan untuk membuatnya apakah dari hewan atau dari tumbuhan. Hewan yang halal atau hewan yang haram secara syariat.

Begitu pula minyak sayur, kecap, sambal dan solid ingredient ( ahan pelengkap berupa sosis, suwiran ayam, bawang goreng, cabe goreng dan lainnya. Jika bahan-bahan ini terbuat dari bahan hewani sesuaikah dengan syariat.

Simak Juga  masih IMLEK : Lobak Awet Muda Resep SHAOLIN

Kesimpulan, selama mie instant sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan tentu aman. Namun jika kita konsumsi setiap hari, apalagi anak-anak, tentu menjadi masalah. Karena bahan-bahan mie instant jelas mengandung bahan kimia seperti penguat rasa, pewarna, pengawet dan sebagainya. Jika bahan-bahan kimia terakumulasi dalam tubuh, efeknya akan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh kita.

Begitu pula tentang kehalalan produk mie instant. Carilah mie instant yang telan memiliki label halal dari MUI. Sehingga kita merasa aman dan nyaman dalam mengkonsumsinya.

______________________________

Info sehat? Anda ingin punya USUS SEHAT? Pelajari produk Fiforlife

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*