Tips Puasa kena Maag, Batalkan saja?

Tips Puasa Kena MaagBagi anda yang sedang menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, tiba tiba penyakit maag anda kambuh, lalu apa tips puasa kena maag yang tepat? atau batalkan saja? eits tunggu dulu? sedikit share agar anda tetap dapat menjalankan ibadah wajib ini sampai kelar dan bebas dari maag. Di internet, anda akan banyak menemukan berbagai macam tips bagi penderita maag akut untuk tetap dapat mengerjakan ibadah yang hanya sekali setahun ini. Satu sisi anda ingin tetap menjalankan ibadah ini sampai selesai, namun disisi yang berbeda sakit maag kronis yang anda derita cukup membuat anda tersiksa.  Saat anda berpikir untuk untuk berhenti, anda akan terpikir untuk melunasi hutang puasa anda diluar bulan ramadhan, dan itu, faktanya berat banget buat kita meng-qadha puasa, pasca ramadhan. Berat-nya, kita mesti mengerjakan puasa “sendirian”, di saat orang orang disekitar kita lagi enak enak-nya makan dan minum. Di tempat yang berbeda, kemulyaan bulan ramadhan yang penuh berkah dan ampunan berlalu saja tanpa anda bisa menjalankan ibadah puasa. Berbicara tentang penyakit Maag, maka rasa nyeri atau perih di daerah perut bagian atas, mual dan disertai muntah merupakan kondisi yang kita alami saat menjalankan ibadah puasa.

Penyebab Maag dan Pendapat Ahli

Pertama, penyebab maag, menurut pendapat para ahli kesehatan, dikelompokkan menjadi dua, penyakit maag (dispepsia) fungsional dan dispepsia organik. Penyebab maag jenis ini karena terlambat makan, makanan tertentu, iritasi lambung dan juga diakibatkan pikiran atau stress dalam hal ekonomi, rumah tangga, hubungan pasutri dan lain lain. Sedangkan penyakit maag jenis kedua, disebabkan karena kerusakan selaput lambung akibat obat  antibiotik, obat rematik, alkohol dan narkotika. Tapi penyakit maag kedua ini juga dapat diakibatkan penyakit kandung empedu, tumor ganas, radang pankreas, kencing manis, gagal ginjal, dan lain lain. Jenis maag dispepsia organik ini ditandai dengan rasa nyeri dibagian ulu hati.

Simak Juga  Titik Orgasme Wanita : Ilmu Kuno

Kedua, penyebab maag menurut pendapat ahli kesehatan berikutnya, dikarenakan meningkatnya sekresi asam lambung yang menyebabkan gangguan pada lambung atau dikenal dengan Gastritis. Adapun penyebabnya karena iritasi, asam lambung, suplai darah yang tidak maksimal dan infeksi kuman. Asam lambung dikeluarkan lambung dan berfungsi untuk menghancurkan makanan. Karena sifatnya menghancurkan makanan, maka disaat lambung dalam keadaan kosong dan asam lambung terus berproduksi, so menyebabkan dinding mukosa lambung akan rusak.

Pencegahan Penyakit Maag

Untuk pencegahan penyakit maag ini, para ahli kesehatan menyarankan: Pertama secara fisik. Makan secara teratur dan mengikuti kaidah “tiga J”, yaitu jadwal, jenis dan jumlah yang benar. Menghindari jenis makanan yang bersifat asam dan pedas. Memperbanyak minum air putih, dengan minum air putih maka dapat mengurangi rasa asam dan pedas pada makanan. Mengurangi konsumsi minuman jenis teh, kopi dan sofdrink. Kedua secara psikis, hindari pikiran yang menyebabkan stres, jika ada masalah segera selesaikan agar terhindar dari stres. Banyak istirahat dan selalu berdoa agar terus diberikan kesehatan lahir dan batin.

Pengobatan Penyakit Maag

Tips Puasa Kena Maag 2Untuk pengobatan penyakit maag, maka ada dua rekomendasi para ahli kesehatan: Pertama secara medis, untuk obat obat medis maka jenis obat yang disarankan adalah antasida. Antasida bersifat basa lemah untuk menormalkan asam lambung. Kemudian, antagonis recepton H2 yang berfungsi untuk menghambat pengeluaran asam lambung. Jenis obat golongan Omeprazola dan Lansoprazole untuk menghambat pompa pada sel lambung yang menghasilkan asam lambung. Kedua penyembuhan secara herbal, untuk ramuan herbal maka kunyit dan mengkudu sangat bagus untuk pengobatan penyakit maag. Cara membuatnya: untuk kunyit, sediakan dua ruas kunyit kemudian diparut dan di saring dengan air setengah gelas dan diminum dua kali sehari. Sedangkan untuk buah mengkudu, siapkan empat buah mengkudu, kemudian dicampur dengan air, hasil perasan itu diminum sehari dua kali.

Simak Juga  Bersama dr Boyke 3 : Amankah Pakai Jelly Pelicin

Tips Puasa Bebas dari Penyakit Maag

Tips Puasa bagi anda yang ter-kena maag, agar anda dapat mengerjakan ibadah puasa dengan khusyu’ dan bebas dari penyakit maag, baiknya anda ikuti tips para ahli kesehatan. Pertama, saat berbuka berpuasa berniat untuk berbuka karena Allah. Artinya saat kita berbuka  puasa dengan niatan bahwa kita berbuka merupakan syariat berpuasa dan kita bisa berbuka karena nikmat serta karunia Allah yang telah diberikan kepada kita. Kedua, saat berbuka awali minum air putih dan makanan yang manis dan sebaiknya manis cair (di sunnahkan pula dengan buah kurma). Ketiga, jangan minum yang terlalu dingin atau panas. Keempat, interval waktu anda makan sebaiknya setelah shalat maghrib. Kelima, saat makan, makanlah yang banyak mengandung karbohidrat, karena karbohidrat mudah dicerna dan memiliki banyak kalori. Keenam, saat sahur baiknya makan dengan jenis makanan yang mengandung lemak, makanan yang menganduk lemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga pada saat siang hari berpuasa tidak mudah lapar. Ketujuh, hindari minuman softdrink dan hindari pula jenis makanan cepat saji dan makanan instan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat. Salam Bahagia

Sumber artikel :

1. dr. Hj. Rahmania A Lawu, S.pPK, Beliau Dokter di RSU Haji Surabaya

2. Prof. Dr. Hj. Qomariyah RS, MS, pPK, AIFM Jakarta Pusat

3. Majalah Lisa

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*