Tips : 7 Cara Mudah Mencari Rejeki

Tips 7 Cara Mudah Mencari RejekiTips 7 cara mudah mencari rejeki disampaikan oleh Ustazd Yusuf Mansur. Tujuh langkah ini selain memudahkan kita dalam mendapatkan rejeki, juga akan memberikan rejeki yang berkah. Langkah langkah yang disampaikan Beliau, sebenarnya sudah sering kita dengarkan dari berbagai pengajian atau tausiah para Kyai dan Ulama di sekitar kita. Namun tidak ada salahnya jika kami rangkum kembali apa yang Ustazd Yusuf Mansur sampaikan. Tujuh langkah cara mudah mencari rejeki ini didasarkan pada Al Qu’ran dan Hadits . Semoga apa yang disampaikan Beliau, mengingatkan kita akan pentingnya kembali kepada Allah untuk urusan rejaki kita. Tujuh cara tersebut meliputi, mensyukuri nikmat Allah, membayar zakat (sedekah), bekerja mencari rejeki dengan hati qona’ah serta tidak dipenuhi ambisi dan serakah, bertaubat dari perbuatan dosa, menyambung tali silaturahmi, mencari rejeki dari jalan yang halal dan bekerja saat waktu pagi.  Diantara tujuh langkah ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat kita pisah pisahkan. Menjadi satu kesatuan yang menjadi dasar terwujudnyaa rejeki yang melimpah dan berkah. Mari kita jabarkan tujuh langkah tersebut.

Mensyukuri Segala Nikmat

Mensyukuri segala nikmat Allah merupakan langkah pertama yang harus kita miliki. Semua kenikmatan datangnya dari Allah SWT, syukur melalui hati, lisan dan perbuatan. Syukur dengan hati meyakini bahwa semua nikmat dari Allah. Syukur dengan lisan, kita mengucapkan pujian kepada-Nya. Sedangkan syukur dalam perbuatan dengan menafkahkan rejeki yang diberikan Allah untuk beramal di jalan yang di ridhoi-Nya. Jika kita telah bersykur dengan tiga cara itu maka Allah SWT akan menambah nikmat kepada kita. Sebagaimana Firman-Nya :”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku). Maka sesunguhnya adzab-Ku sangat pedih. Q.S Ibrahim ayat 7

Simak Juga  Etika dalam Bersenggama

Membayar Zakat dan Sedekah

Membayar zakat dan sedekah merupakan langkah kedua, tips cara mudah mencari rejeki. Zakat atau sedekah, merupakan penyebab turunnya berkah. Sebagaimana Firman-Nya:”Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah”.Q.S Al Baqarah ayat 276. Kemudian dikuatkan dengan Sabda Kanjeng Nabi SAW :” Tiada pagi hari, melainkan ada dua Malaikat yang turun, kemudian salahsatunya berkata (berdoa) “Ya Allah, berilah pengganti bagi orang orang yang ber-infak. Sedangkan Malaikat yang lain berdoa “Ya Allah timpakanlah kepada orang orang yang kikir (tidak berinfak) kehancuran”. (Mutafaqun alaih).

Bekerja dengan Hati Qona’aah

Bekerja dengan hati qona’ah, tidak ambisi serta tidak serakah merupakan langkah ketiga. Qona’ah atau lapang hati menerima pemberian Allah SWT, adalah kekayaan yang tiada taranya. Hati dan dada yang lapang menunjukkan bahwa kita legowo dengan ketentuan-Nya.

Bertaubat dari Perbuatan Dosa

Bertaubat dari segala perbuatan dosa merupakan langkah mudah mencari rejeki. Dosa yang ada dalam diri kita, merupakan penghalang bagi turunnya rejeki berkah dari Allah SWT. Sebagaimana Kisah Nabi Hud dalam Al Qur’an:”Dan (Hud berkata):”Hai kaumku, ber-istighfarlah kepada Rabbmu lalu bertaubatlah kepada-Nya. Niscaya Dia menurunkan atasmu hujan yang sangat deras, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”. Q.S Hud ayat 52

Menyambung Tali Silaturahmi

Menyambung tali silaturahmi merupakan amal perbuatan yang dapat mendatangkan keberkahan rejeki dan hidup. Kanjeng Nabi SAW Bersabda:”Barangsiapa yang ingin dilapangkan (diberkahi) rejekinya, atau ditunda (dipanjangkan) umurnya, maka hendaknya ia bersilaturahmi”. (muttafaqun alaih)

Mencari Rejeki dari Jalan Halal

Mencari rejeki dari jalan halal adalah syarat wajib bagi keberkahan hidup dan rejeki.  Sebagaimana Rasul SAW Bersabda:”Janganlah kamu merasa bahwa rejekimu datangnya terlambat. Karena sesungguhnya, tidaklah seorang hamba akan meninggal, hingga telah datang rejeki terakhir (yang telah ditentukan) untuknya. Maka, tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rejeki, yaitu dengan mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram”. (HR Abdur Razaq, Ibnu Hibban dan Al Hakim).

Simak Juga  Titik Orgasme Wanita : Ilmu Kuno

Bekerja Pada Waktu Pagi

Bekerja pada waktu pagi merupakan Tips 7 cara mudah mencari rejeki yang halal dan berkah. Rasul SAW Bersabda:”Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka”. (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, AnNasai, Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syeikh Al Bani). Hikmah waktu pagi adalah bahwa semua aktifitas manusia dimulai waktu pagi hari. Saat dimana manusia dalam keadaan segar dan sehat setelah beristirahat pada malam harinya.

Demikian Tips 7 cara mudah mencari rejeki, semoga bermanfaat dan tetap semangat. Salam Bahagia

Sumber: Taushiyah, Majalalah Yatim 2011 dan yusufmansur.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*