Senam TAI CHI bikin AWET MUDA dan WIBAWA

Dalam sejarahnya Tai Chi diciptakan oleh Chang Sang Feng atau lebih dikenal dengan Thio Sam Hong. Beliau tinggal di gunung wudang di Barat Laut propinsi Hubei Cina. Mitos diciptakannya Tai Chi saat beliau mimpi tentang seekor ular dan burung bangau yang sedang bertarung dengan gerakan yang sangat indah. Dari cerita itulah beliau menciptakan gerakan-gerakan lembut yang memfokuskan pada pengaturan nafas dan harmonisasi gerakan.

Pada perkembangannya Tai Chi menjadi meditasi dalam gerak. Gerakannya perlahan, tenang dan rileks. Tai Chi merupakan rangkaian gerak yang berkesinambungan dengan pernafasan yang berirama. Dengan berlatih Tai Chi seseorang akan mencapai harmoni raga, jiwa, pikiran dan perasaan.

Tai Chi menganut teori keseimbangan Yin Yang. Yin Yang adalah dua unsur kekuatan yang berbeda, saling berinteraksi, saling membutuhkan, mendasari, tarik menarik dalam keseimbangan, harmoni yang saling melengkapi. Alam semesta sebagai suatu keseluruhan semua saling berhubungan.

Chi adalah unsur vital dalam latihan Tai Chi. Chi merupakan sumber energi vital dalam diri manusia. Chi adalah nafas kehidupan. Secara fisik chi manusia tersimpan di  Dan Tien, daerah di bawah pusar. Latihan Tai Chi memfokuskan pengelolaan dan pembinaan Chi ini. Chi bergerak berdasarkan pikiran yang menggerakkannya melalui jalur meridian dalam tubuh manusia. Bila Chi beredar tanpa hambatan ke seluruh tubuh akan terjadi keseimbangan dan harmoni dalam tubuh manusia.

Bernafas dalam latihan Tai Chi merupakan penyelarasan antara gerakan dan pikiran. Nafas yang dalam namun tetap rileks dan seirama dengan gerakan akan memberikan kebugaran bagi tubuh, ketenangan bagi jiwa serta kedamaian dalam pikiran.

Prinsip gerak dalam Tai Chi dilakukan dengan lambat, lembut, halus, melingkar dan terkoordinir. Beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum melakukan latihan Tai Chi adalah apakah masih ada bagian tubuh yang masih kaku dan belum rileks serta terus menjaga kehalusan dan harmoni dalam setiap gerakan. Dalam tradisi Jepang dikenal dengan AI KI, yang memiliki prinsip yang hampir sama.

Tai Chi berbeda dengan olahraga lainnya yang mengedepankan pembentukan otot, kekuatan dan kecepatan. Melalui latihan Tai Chi yang rutin dan berkesinambungan akan memperbaiki sel di dalam tubuh kita, sehingga regenerasi sel akan terus muda. Memberikan kesehatan yang prima, gairah hidup, semangat kerja dan awet muda. Secara emosional memberikan ketenangan dan kedamaian yang memberikan efek wibawa bagi para praktisinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*