RELAKSASI : Cara Mudah Menemukan Solusi

relaksasiRelaksasi adalah suatu kondisi pikiran dan mental dalam keadaan stand by, tidak kosong tetapi juga tidak full on (sangat-sangat nyantai). Relaksasi bermakna pikiran dan mental sedang tidak penuh dengan berbagai macam beban dan masalah. Saat seseorang tidak penuh dengan beban maka ia mudah menerima stimulus dari luar dirinya. Pikiran dan hatinya terbuka untuk menerima apapun dari pikiran bawah sadarnya, dari nuraninya dan dari intuisinya.

Relaksasi juga bukan suatu kondisi formal saja seperti kondisi meditasi, namun relaksasi merupakan kondisi dimana kita bisa stand by. Kondisi seperti itu bisa kita dapatkan saat kita rekreasi, bercengkrama dengan keluarga, bernyanyi, nonton tv humor dan sebagainya.

Relaksasi itu mengalir dan menikmati kondisi yang ada disekitar kita tanpa menolak atau bahkan melawan keadaan disekitar kita. Misalnya saat kita dalam sebuah ruangan yang tenang dan damai, tiba-tiba karena suatu hal ruangan tersebut bising oleh suatu keributan. Saat kita berada dalam kondisi relaksasi maka kita tetap bisa mempertahankan rileks dengan keadaan ruangan tenang dan ruangan penuh keributan. Dengan tanpa mempertanyakan keadaan kedua (keributan).”lho tadi damai, sekarang kok malah bising”. So saat kita dalam keadaan relaksasi pernyataan kita ” o…ada keributan …titik.

Dalam keadaan tetap rileks dengan kondisi apapun dan tanpa terusik siapapun. Maka keadaan seperti ini sepadan dengan filosofi Jawa yang mengatakan “sutho bloko, nrimo opo jare, pasrah bongkokan” (pasrah dengan totalitas pasrah apa yang dimaui Tuhan). Tapi jangan salah tafsir dulu dong…pemaknaan pasrah total di sini tidak berkonotasi negatif namun bermakna positif. Dalam hal perilaku dan tindakan pemaknaan pasrah di sini adalah “usaha/ikhtiar, doa, pasrah dan sabar”…

Simak Juga  Efek Samping Pengobatan Alternatif : SENGATAN LEBAH

Saat seseorang dalam keadaan relaksasi maka pikiran dan hatinya seperti sebuah ngarai yang terbuka, sekali lagi bukan kosong, ia siap menerima air yang menuju dirinya, ia siap menerima hembusan udara yang menuju dirinya. Maka ibarat hati yang rendah hati ia siap menerima apapun yang datang dari atas dirinya. Laksana jiwa ia “jiwa yang mutmainah” (nafsul mutmainah), ialah jiwa yang tenang, jiwa yang dekat dan diberkahi dengan Tuhan.

Namun bagi yang belum menemukan relaksasi dalam langkah dan kegiatannya sehari-hari baik di kantor maupun di rumah. Baiknya bisa memulai dengan belajar meditasi. Meditasi akan banyak membantu kita menemukan kondisi rileks bagi kita. Untuk belajar meditasi dasar silahkan baca artikel saya “efek samping meditasi….” di halaman yang berbeda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*