PENYAKIT Saat Banjir : Tips Pencegahannya

cina4Penyakit yang sering muncul saat banjir adalah demam berdarah, diare, penyakit kulit, infeksi saluran pernafasan, tifus dll. Diare adalah penyakit yang paling rentan di derita saat banjir, karena lingkungan di sekitar banjir sangat kotor. Di sisi lain air disekitar banjir yang kotor mendukung berkembangnya bakteri penyebab diare.

Saat banjir ketersediaan air bersih berkurang, untuk mengantisipasi diare saat banjir mesti di siapkan air bersih khusus untuk minum dan mandi, serta cuci tangan sebelum makan.

Penyakit kedua adalah demam berdarah, karena banyakya sampah yang terbawa air dan menggenang menjadi sarang nyamuk. Semakin banyak genangan air dan sampah menumpuk maka akan menjadi tempat berkembangnya nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Berikutnya infeksi saluran pernafasan yang kita kenal dengan ISPA. Penyakit ini ditularkan oleh virus saat keadaan air dan udara kotor. Ciri ISPA yaitu batuk disertai demam, serta sesak nafas.

Begitu juga penyakit kulit muncul saat banjir, di mana penyebabnya air yang kotor. Gejalanya gatal-gatal di permukaan kulit, jika digaruk makin gatal dan menjalar ke seluruh badan.

Oleh karena itu meski banjir tetap harus menjaga kebersihan semaksimal mungkin, karena semua penyakit di atas muncul bersamaan banjir datang.

TIPS MENCEGAH PENYAKIT SAAT BANJIR; Selalu sediakan air bersih khusus minum dan mandi; Jika air bersih tidak ada, maka air dari sumber air dekat banjir harus di masak; Pola makan tetap dijaga, meski makanan ringan; Tempat pengungsian harus jauh dari tumpukan sampah; Jangan buang air di tempat genangan banjir; Segera bersihkan bekas-bekas banjir jika banjir sudah surut.( berbagai sumber)

Simak Juga  Miss kenali Miss V anda : TIPS Keluarga makin Harmonis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*