PELUANG USAHA : Krupuk Kulit Sapi Potensi Ekspor

sapiDi Indonesia krupuk kulit memiliki banyak sebutan, seperti rambak, krecek, jangek. Krupuk kulit menjadi makanan ringan yang gurih dan mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Bisa juga dijadikan lauk pauk saat makan nasi pecel, rawon, gulai dan lain-lain.

Berbicara tentang gizi yang terkandung  di dalam krupuk kulit sapi antara lain, protein, lemak, mineral dan natrium glutamat. Kandungan lemak menjadi meningkat menjadi dua kali lipat setelah digoreng. Sedangkan glutamat sebagai garam kalsium, kalium dan natrium.

Banyaknya konsumen krupuk kulit sapi memberikan peluang usaha bagi usaha rumah tangga untuk mengembangkan usaha makanan ringan ini. Dan kini usaha ini telah merambah menjadi komoditas ekspor sementara produksi dalam negeri masih kurang.

CARA MEMBUAT KRUPUK KULIT SAPI

PERTAMA, kulit sapi direndam dalam air kapur selama beberapa hari; KEDUA, perebusan untuk membersihkan kulit bagian luar dan lemak yang menempel pada kulit; KETIGA, dikerok dengan alat seperti pisau bulu-bulu yang masih tersisa; KEEMPAT, dijemur untuk proses pengeringan sampai krupuk berwarna agak coklat; KELIMA, memotong kulit sapi sesuai ukuran yang diinginkan; KEENAM, penggorengan dengan minyak yang sangat panas

 

 

 

 

 

Simak Juga  Efek Samping Pengobatan Alternatif : SENGATAN LEBAH

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*