Manfaat Tanaman SAMBILOTO : Untuk Terapi Kanker

daun-sambilotoSambiloto sudah dikenal luas oleh masyarakat pengguna tanaman obat, pembuat jamu, pengobatan tradisional dan peneliti tanaman obat. Sambiloto yang memiliki rasa pahit sekali telah dikenal berkhasiat dan efektif untuk pengobatan seperti: Diabetes, Darah Tinggi, Amandel, Typus dll. Karena banyak manfaatnya disebut juga obat multi khasiat.

Sambiloto tumbuh menyebar luas dihampir seluruh nusantara. Budidaya sambiloto tidaklah sulit, pengembangbiakannya bisa dilakukan secara generatif atau vegetatif. Selama ini produksi sambiloto  masih terbatas, hanya digunakan bagi kepentingan praktisi herbal saja. Padahal tanaman ini sangat potensial dikembangkan untuk kebutuhan industri jamu, farmasi, maupun di ekspor.

MANFAAT SAMBILOTO

Pemanfaatan sambiloto sebagai obat atau pencegahan sudah sejak dulu dilakukan. Adanya kecenderungan masyarakat mengkonsumsi obat bukan tanpa alasan. Hal ini terjadi karena tidak semua obat kimia efektif menyembuhkan penyakit tertentu seperti diabetes, darah tinggi dan kanker. Adanya kelemahan obat kimia menjadi faktor unggulnya tanaman obat.

Penggunaan sambiloto sebagai obat dalam bentuk daun segar, simplisia (daun yang telah dikeringkan), teh dan kapsul. Sambiloto juga tidak dianjurkan bagi pasien anak-anak, bagi penderita tekanan darah rendah dan ibu hamil. Pada dasarnya cara pemakaian sambiloto diberbagai daerah hampir sama, yakni dapat dicampur dengan bahan lain, lalu ditumbuk atau direbus setelah itu dikeringkan. Kemudian diolah menjadi jamu serbuk atau di ekstrak. Untuk pemakaian luar cukup ditumbuk dan ditempelkan pada yang sakit.

RESEP UNTUK KANKER

Daun sambiloto dan batang 30-60 gram. Bahan direbus dengan 600 cc air, tinggal 300 cc. Cara minum; air rebusan diminum 3 x 100 cc sehari. Silahkan mencoba resep dan lekas sembuh.(berbagai sumber)

 

Simak Juga  Shaheer Sheikh, Aktor Film Mahabarata, Kini Jadi Idola Wanita?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*