Mozaik Islam seri 2 : Resep Awet Muda dengan Wudhu

wudhuWudhu memiliki kedudukan yang sangat utama dalam ibadah sholat. Karena tidak sah sholat seseorang ketika ia tidak berwudhu. Sebagaimana hadits “Allah tidak menerima sholat seseorang diantara kamu, hingga dia berwudhu” (HR. Bukhori Muslim). Namun banyak orang yang menganggap bahwa wudhu adalah ibadah yang hanya kita lakukan saat kita hendak melaksanakan sholat. Perlu diketahui setetes air yang kita gunakan untuk berwudhu memiliki manfaat yang luarbiasa. Manfaat wudhu pernah diteliti oleh pakar kesehatan dunia, salahsatunya Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater berkebangsaan Austria. Beliau menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam wudhu. Wudhu ternyata mampu merangsang syaraf dalam tubuh manusia. Sehingga bagian-bagian tubuh beserta jalur syaraf yang yang terkena air wudhu akan senantiasa sehat.

Menurut sejumlah penelitian wudhu dapat menghilangkan berbagai penyakit, diantaranya asam urat, flu, rematik, mata dan lain sebagainya. Selain itu berwudhu bisa mencegah kanker kulit karena air yang terkena bagian tubuh dapat membersihkan kulit dari bahan kimia yang menempel dan terserap dalam di kulit. Dan jika sering membasuhkan air ke wajah saat berwudhu bisa menyebabkan seseorang terlihat awet muda.

Perintah berwudhu dapat dirasionalkan dengan rasio kita, setelah diamati bagian tubuh yang terkena wudhu merupakan bagian yang kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari. PERTAMA; tangan, tangan kita setiap hari kita gunakan untuk melakukan kegiatan. Dengan mencuci tangan saat berwudhu, tangan kita bersihkan dari kotoran dan partikel yang menempel di tangan. KEDUA; kumur-kumur, kumur-kumur berarti membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel di mulut. KETIGA; hidung, membersihkan hidung bertujuan untuk membersihkan lubang hidung dari kotoran yang menempel saat kita menghirup udara. KEEMPAT; muka,  membersihkan muka bertujuan membersihkan wajah dari kotoran yang menempel, terutama membersihkan kotoran di mata, baik kotoran lahir atau batin. KELIMA; tangan dan siku, bertujuan membersihkan tangan sampai siku dari debu lahir dan batin. KEENAM; kepala, dengan membasuh kepala saat wudhu dapat menenangkan pikiran, dan merilekskan hati. KETUJUH; telinga, dengan wudhu telinga bersih dari pendengaran yang tidak layak. Di telinga banyak syaraf yang menghubungkan dengan organ dalam tubuh manusia. KEDELAPAN; kaki, dimaksudkan untuk membersihkan kaki dari kotoran lahir dan batin, dimana kaki sering kita gunakan untuk langkah positif dan kadang juga langkah negatif.

Simak Juga  Cara Alami : Menghilangkan Bau Badan

Dengan wudhu kita telah membersihkan lahir dan batin kita dari kotoran lahir dan batin dari dalam diri kita. Semoga kita menjadi ahli wudhu.amin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*