Halalkah : Susu formula Anak Anda

Bayi-Minum-Susu1Di era yang serba instan ini, membuat kita berpikir serba instan juga. Sebagai konsumen kita juga menyukai produk makanan dan minuman yang serba instan. Diantaranya membeli produk susu instan atau formula untuk buah hati kita. Di luar banyak susu formula yang beredar dengan berbagai macam merk dan harga. Mulai susu formula lokal maupun susu formula impor, dengan formula formula khusus seperti untuk tumbuh kembang anak, untuk nutrisi otak maupun nutrisi tulang. Begitu juga soal harga dengan macam varian harga, mulai yang fantastis maupun ekonomis.

Pembuatan susu formula sangat beragam, untuk pembuatan susu cair digunakan pasteurisasi untuk membunuh kuman. Sedangkan untuk pembuatan susuk bubuk biasanya ditambah whey. Whey sendiri hasil dari pembuatan keju dengan menggunakan enzim rennet. Enzim rennet diperoleh dari lambung anak sapi.

Bahan susu formula yang lain adalah vitamin, flavor, kalsium, asam amino dan mineral. Sumber vitamin diperoleh dari tumbuhan, hewan atau bahan sintetis. Jika dari hewan harus dilihat dari hewan apa dan bagaimana cara pemotongannya. Bahan vitamin dalam pengolahannya menggunakan gelatin atau dari gum arab. Kalau pembuatan gelatin dari hewan sejenis babi, maka kehalalannya dipertanyakan. Asam amino dan mineral juga dari bahan hewani dan tumbuhan.

Namun kita bertanya, bagaimana kita bisa mengetahui kehalalan dari sebuah susu formula, sedangkan kita tidak mempunyai kemampuan mengidentifikasinya? Jawaban awam kita adalah dengan mempercayakan kepada lembaga para ulama, dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia ( MUI ). MUI sebagai lembaga yang merekomendasikan kehalalan sebuah produk susu formula sangat bertanggungjawab terhadap rekomen hukum halal. Oleh karena itu pastikan di kemasan susu formula yang anda beli berlabel HALAL, jika masih belum yakin silahkan browsing nomor register yang tertera di bawah tulisan HALAL. semoga bermanfaat. Berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*