EFEK SAMPING Olahraga yang kita lakukan : FATAL

olahragaSelama ini kita memahami bahwa olahraga memberikan dampak kesehatan bagi tubuh kita. Kita sering mendengar pernyataan ketika kawan kita sakit, dengan mengatakan ” kamu kurang  olahraga “. Pernyataan tersebut betul, namun faktanya banyak orang yang tidak mendapatkan manfaat dari olahraga yang ia lakukan. Banyak kesalahan yang kita lakukan dalam berolahraga sehingga hanya menambah tubuh kita malah sakit. Lalu kesalahan dalam hal apa saja yang membuat kita tidak mendapatkan manfaat dari olahraga.

PERTAMA, kurang melakukan pemanasan. Banyak orang menganggap pemanasan tidak penting dalam melakukan olahraga, padahal pemanasan adalah langkah awal meski olahraga ringan seperti joging atau jalan kaki, apalagi olahraga berat. Suatu hal yang fatal jika kita tidak melakukan pemanasan. Pemanasan berfungsi melatih otot dan tulang sejak awal agar kita terhindar dari cidera otot dan tulang.

KEDUA, terlalu sering olahraga. Animo masyarakat umum menyatakan bahwa dengan sering berolahraga tubuh kita makin sehat. Faktanya justru terlalu sering olahraga membuat tubuh kita tidak memiliki waktu lebih banyak untuk istirahat. Biasanya mereka yang terlalu sering berolahraga mengalami kelelahan akut dan ujung-ujungnya terkena sakit liver.

KETIGA, melakukan olahraga saat tubuh kurang fit. Saat kondisi tubuh kurang fit mestinya kita beristirahat. Kondisi tubuh kurang fit merupakan sinyal bahwa kita hendak sakit. Namun faktanya kita malah berusaha melakukan olahraga disaat kondisi kurang fit.

KEEMPAT, Olahraga ketat dan diet khusus. Olahraga ketat dan diet khusus/ketat merupakan perpaduan yang fatal. Memaksakan olahraga ketat sementara asupan gizi minim sangat membahayakan tubuh. Tubuh kita membutuhkan kalori  banyak pada saat kita tidak berolahraga. Lalu saat kita olahraga ketat justru asupan kalori lebih banyak lagi yang dibutuhkan.

Simak Juga  Bersama dr. Boyke 6 : Seks Selama Hamil

KELIMA, langsung makan banyak sesudah olahraga. Banyaknya energi yang kita keluarkan membuat kita cenderung untuk segera mengganti energi pasca olahraga. Sehingga kita segera menyantap makanan melebihi porsinya dengan asumsi kita mengganti energi yang hilang saat berolaraga. Idealnya satu jam setelah kita berolahraga. Berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*