Efek Samping GAMES ONLINE : Penyebab Osteoporosis

main-gameGames online merupakan salahsatu hasil kesuksesan teknologi modern. Sekarang permainan ini tidak hanya dinikmati masyarakat kota namun telah merambah sampai ke pelosok desa. Baik games online melalui media internet keluarga maupun rental. Dan kini bagi kita sangat mudah menemukan rental games online sepanjang jalan dengan harga sewa semakin murah perjamnya. Pemakainyapun tidak terbatas usia, bahkan anak-anak semakin kecanduan dengan permainan ini.

Awalnya permainan ini untuk hiburan, bagi orang dewasa membantu meredakan stres setelah seharian beraktifitas namun faktanya menjadi kebiasaan yang menjadi candu. Bagi anak biasanya berawal dari perasaan sayang orangtua untuk memberikan kesenangan dan hiburan untuk putra putrinya. Pada akhirnya anak menjadi kecanduan.

Secara fisik bermain games online memberikan efek pada kulit, rambut, mata, telinga dan jantung. Efek negatif pada kulit dan rambut karena penikmat games online terus menerus dalam ruangan sehingga kakurangan cahaya matahari. Mata merupakan organ tubuh kedua yang terkena imbasnya. Radiasi cahaya dari monitor menyebabkan mata menjadi kelelahan. Telinga terkena dampak games online karena pemainnya menggunakan headset terus menerus dan menyebabkan gendang telinga mengalami gangguan. Dampak terhadap jantung karena waktu bermain games online dilakukan malam hari dan begadang semalam suntuk.

Duduk dalam jangka lama bagi para pecandu games menyebabkan wasir, begitu juga kebiasaan menyediakan makanan ringan dan terus ngemil saat main games menjadi penyebab obesitas. Begitu juga penggunaan mouse dan menjadikan tangan sebagai tumpuan stick games bisa menyebabkan mati rasa pada syaraf-syaraf di tangan.

Terlalu lama bermain games menyebabkan aktivitas tubuh menurun dan hal ini menyebabkan kerapuhan tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang sudah tua karena kekurangan kalsium. Tetapi fakta hari ini osteoporosis juga menyerang orang orang muda. Salah satu faktor penyebabnya adalah pola makan dan pola hidup yang tidak teratur serta kurang aktivitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*