BELADIRI untuk ANAK dan WANITA, Lembut, Damai : AIKIDO

Aikido adalah seni beladiri Jepang. AI harmoni, keselarasan, penyatuan; KI spirit, semangat, energi; DO jalan. AIKIDO dikembangkan oleh MORIHEI UESHIBA yang menekankan harmonisasi atas pertentangan ketika berhadapan dengan agresi dan konflik, artinya tidak mengambil posisi melawan atau menentang, melainkan bergabung dengan kekuatan pihak lawan, melebur ke dalamnya. Aikido demikian seni bela diri ini sebut, telah melampaui pilihan ‘menang atau kalah’ dalam bela diri ketika berhadapan dengan serangan.

Aikido adalah disiplin di mana pikiran dan tubuh dipandang sebagai aspek tak terpisahkan dari awal pelatihan. Ketakutan dan kondisi mental kita tercermin dalam tubuh kita sebagai kekakuan, kehilangan keseimbangan dan kurangnya kebebasan. Manusia dilahirkan lembut dan lentur; mati, mereka kaku dan keras.” Jadi siapapun yang kaku dan tidak fleksibel adalah murid kematian, siapapun yang lembut dan menghasikan adalah murid dari kehidupan, yang keras dan kaku akan rusak, yang lembut dan lentur akan menang” ( Tao te Ching ).

Aikido memiliki Tujuh Prinsip Budo “Jalan Hidup”: PERTAMA, GI/the truth kebenaran – keadilan; KEDUA, MEIYO/Respect & honor, menghormati dan kehormatan; KETIGA, MAKOTO/honesty & sincerity, kejujuran dan ketulusan; KEEMPAT, CHUGI/loyalty, kesetiaan; KELIMA, REI/Courtesy, sopan santun; KEENAM, JIN/knowledge and wisdom – pengetahuan dan kebijaksanaan; KETUJUH, YUKI/courage – keberanian.

Keberanian diletakkan  pada urutan terakhir dari ke 7 pilar Budo, karena keberanian hanya dapat diperoleh setelah seseorang mampu memahami dan menjalani ke 6 pilar sebelumnya. Keberanian dalam diri seorang kesatria merupakan pancaran serta sifat-sifat akhlak mulia. Keberanian yang didasari pemahaman terhadap nilai-nilai kebenaran sejati dan kehormatan diri bukan keberanian yang di dasari pada kemarahan dan keinginan untuk mengalahkan orang lain.

Memahami dan mengerti akan prinsip teknik fisik (waza) dan prinsip spiritual (Budo) dari AIKIDO diatas, seni beladiri ini sangat tepat bagi putra putri bapak dan ibu, serta kaum Hawa. Sebuah Seni beladiri yang lembut, damai serta aman. Silahkan berkunjung ke AIKI DOJO yang terdekat di kota anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*