Apakah Wanita Ambeien Bisa Melahirkan Normal?Ini Jawaban Logisnya

Ambeien mungkin diderita oleh siapa saja, laki-laki, wanita, tua, muda ataupun anak kecil. Jika terjadi pada laki-laki mungkin tidak akan menimbulkan masalah baru, namun jika terjadi penyakit ambeien pada wanita akan menimbulkan masalah pada saat trimester ketiga atau bisa sesudah dan sebelumnya.

Penyakit wasir adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya tonjolan pembuluh darah pada daerah anus, yang menyebabkan nyeri, bahkan adanya darah pada saat buang air besar. Penyakit wasir atau ambeien atau nama lainnya hemorrhoid ini seringkali disepelekan oleh banyak orang, namun sebenarnya penyakit ini memiliki resiko tersendiri untuk wanita hamil.

Penyakit ambeien pada wanita hamil, biasanya terjadi karena semakin tertekannya pembuluh vena cava bagian bawah tubuh. Disebabkan semakin membesarnya rahim karena perkembangan janin di dalmnya. Terjadinya tekanan tersebut membuat akhirnya bisa timbul tonjolan pembuluh darah pada daerah anus. Beberapa kasus penyakit ambeien pada wanita yang sudah memiliki riwayat sebelumnya, biasanya akan menjadi semakin parah pada saat masa kehamilan.

Jika wanita hamil mengalami penyakit ambeien ini, maka akan sangat menyakitkan. Selain harus menahan beban dan nyeri karena kehamilannya, harus merasakan ketidaknyamanan dan kesakitan pada anusnya karena ambeien. Penyakit ambeien pada wanita hamil akan membuatnya sulit untuk melakukan aktivitas dengan nyaman. Karena akan merasakan nyeri yang amat sangat untuk berbagai macam aktivitasnya.

Selain itu, penyakit ambeien pada wanita hamil bisa menyebabkan wanita tersebut tidak bisa melahirkan dengan cara normal. Hal tersebut karena mempertimbangkan berbagai hal yang akan terjadi jika melahirkan secara normal. Jika ibu hamil dengan ambeien melahirkan secara normal, kemungkinan wasir atau ambeien yang dideritanya akan semakin besar karena proses mengejan pada saat proses kelahiran.

Untuk menyembuhkan penyakit ambeien pada proses kehamilan akan sangat sulit dilakukan. Karena setelah melakukan operasi, wanita hamil tidak akan bisa menggunakan painkiller dalam jumlah yang besar, karena akan berbahaya pada keadaan janin yang dikandungnya. Bisa dibayangkan nyeri yang dirasakan tanpa menggunakan banyak painkiller setelah melakukan operasi.

Resiko penyakit ambeien pada wanita hamil ini bisa diperkecil dengan melakukan pola hidup dan pola makan yang baik. Pada saat sebelum ataupun saat masa kehamilan, calon ibu harus menjaga asupan nutrisinya, agar tetap memiliki kandungan serat yang sangat banyak. Jangan mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat atau lemak yang banyak. Dan juga harus melakukan senam ibu hamil secara rutin untuk membantu proses melahirkan nanti.

Anda juga bisa melakukan diskusi dan konsultasi dengan dokter Anda, apa yang terbaik yang bisa dilakukan. Dan sebaiknya melahirkan secara caesar atau normal dengan mempertimbangkan berbagai hal. Mungkin penyakit ambeien ini bisa dikurangi resiko dan bahayanya dengan melakukan pola makan dan pola hidup mulai sekarang walaupun anda tidak dalam keadaan hamil. Jadi mari kita jaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat, salam sehat dan bahagia untuk Anda dan keluarga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*